July 13, 2020

SHORT HISTORY OF TOOTHPOWDER & TOOTHPASTE



SERBUK GIGI & PASTA GIGI DIMASA LAMPAU

Tooth powder? apa itu?? Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada saya… karena sehari – hari kita menggunakan pasta gigi untuk membersihkan  gigi jadi wajar saja kalau serbuk gigi asing bagi kita, tapi tahukah kamu bahwa tooth powder / serbuk gigi sudah ada jauh lebih lama dibanding tooth paste / pasta gigi.

Bentuk pasta gigi paling awal sebenarnya adalah bubuk, berdasarkan penelusuran sejarah pada 5000 SM orang  Mesir kuno menggunakan serbuk gigi untuk membersihkan giginya dengan cangkang telur yang dihancurkan, batu apung, abu, dan mur (myrrh).
Bangsa Mesir bukan satu-satunya peradaban yang menggunakan bubuk gigi, bangsa Cina kuno menggunakan daun mint dicampur dengan garam dan ginseng untuk membersihkan gigi. Orang-orang Yunani Kuno dan Romawi juga menggunakan bubuk gigi untuk membersihkan gigi mereka, namun, bubuk mereka secara signifikan lebih abrasif daripada yang digunakan oleh orang Mesir dan Cina dan terbuat dari tulang yang dihancurkan dan cangkang tiram.

Selama bertahun-tahun, bubuk gigi semakin disempurnakan... dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti ginseng, garam laut, mint dan rempah-rempah lainnya, bahan – bahan alami ini membantu melawan bau mulut sambil menjaga gigi tetap bersih.

Awal Pasta Gigi

Hampir sepanjang sejarahnya, pembersih gigi berbentuk bubuk, sampai tahun 1850-an, pasta gigi tetap dalam bentuk bubuk, umumnya mengandung kapur dan sabun. Butuh waktu 20 tahun bubuk gigi berubah menjadi tekstur pasta seperti sekarang, pada tahun 1873, Colgate mulai memproduksi pasta gigi secara massal, dalam toples. Tabung pasta gigi pertama dijual lebih dari 20 tahun kemudian, ketika Colgate mulai menjual pasta gigi dalam sebuah tabung pada tahun 1896. Pasta gigi tidak banyak berubah hingga tahun 1914, ketika fluoride ditambahkan untuk pencegahan gigi berlubang dan sabun tetap menjadi bahan utama dalam pasta gigi sampai diganti dengan sodium lauril sulfat (SLS) pada tahun 1945.
                           

Untuk membuat pasta gigi, banyak bahan alami telah dihapus, pada kenyataannya pasta gigi hampir tidak mengandung bahan alami.
Seiring waktu, Sodium Laurel sulfate (atau SLS) menggantikan sabun. Bahan kimia ini masih ditemukan dalam pasta gigi hingga hari ini.

Pada abad yang lalu bubuk gigi tetap tersedia dan dijual bebas dipasaran, tetapi komersialisasi pasta gigi berhasil menutupi kehadirannya.


Manfaat Kesehatan Mulut yang Nyata dari Bubuk Gigi

Bubuk gigi berbeda dengan pasta gigi non alami,bubuk gigi memiliki lebih banyak manfaat kesehatan mulut untuk ditawarkan. Kandungan alami dalam bubuk gigi dapat meningkatkan kesehatan gusi dan gigi Anda dengan berbagai cara.

Berikut adalah beberapa manfaat utama menyikat dengan bubuk gigi:

1. Nutrisi Esensial

Bubuk gigi memiliki banyak nutrisi penting yang membantu memperkuat dan meremajakan kembali gigi kamu, bubuk gigi dibuat dengan bahan-bahan yang alami yang dapat me-remineralisasi gigi
Enamel Anda akan terasa lebih sehat daripada sebelumnya.

2. Baik untuk Kesehatan Gusi

Gusi Anda juga membutuhkan perawatan ekstra, ini tidak dapat dilakukan dengan pasta gigi non alami, faktanya, jika kesehatan mulut kamu buruk maka kamu akan berisiko lebih tinggi terkena penyakit gusi, radang gusi adalah masalah besar, resesi gusi juga bisa berbahaya, bahan kimia yang ada dalam pasta gigi non alami dapat memperburuk kedua kondisi tersebut.
Semakin lama Anda menggunakan bubuk gigi akan semakin sehat gusi kamu dan kemungkinan untuk terkena masalah gusi akan berkurang, kamu dapat mengandalkan bahan-bahan organik dan alami didalam bubuk gigi untuk membunuh banyak bakteri berbahaya tanpa mengganggu ekosistem bakteri baik dimulut dan meningkatkan kesehatan gusi.

3. Membantu Menjaga Gigi Bersih

Bubuk gigi alami dibuat dengan bahan yang lembut. Bahan-bahan ini cukup abrasif untuk membersihkan gigi tanpa merusak enamel Anda.
Bahan-bahan seperti baking soda dan clay dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan senyum kamu, bubuk gigi tidak berbusa seperti pasta gigi non alami jadi mungkin akan terasa sedikit abrasif daripada pasta gigi yang biasa kamu gunakan... tapi jangan khawatir - bubuk gigi lembut bagi email kamu koq, selain itu bubuk gigi idak membuat bibir menjadi kering.

4. Melawan Nafas Buruk

Bau mulut bisa menjadi masalah besar… terkadang bau mulut juga bisa menjadi pertanda kesehatan tubuh kita, banyak pasta gigi komersial dan obat kumur membantu memerangi bau mulut … namun pasta gigi dan obat kumur komersial ini menggunakan bahan kimia dan alkohol yang keras, meskipun dapat membantu membunuh bakteri tapi juga dapat membahayakan email dan gusi kamu… selain itu juga dapat membuat ekositsem bakteri baik dalam mulut terganggu sehingga malah dapat memunculkan masalah baru.

Saat kamu menyikat gigi dengan serbuk gigi alami seperti HERBARIA TOOTH POWDER kamu  tidak perlu khawatir akan terpapar bahan kimia yang keras, serbuk gigi HERBARIA terbuat dari bahan-bahan alami seperti baking soda, lempung alami, rempah – rempah, dan essential oil blend seperti peppermint yang menyegarkan dan membantu mencegah bau mulut.

Demikian pembahasan singkat tentang asal usul tooth powder dan tooth paste, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Beralih menggunakan bubuk gigi alami?... pilihan ada ditangan kamu :)



Sumber Tulisan: Dirangkum dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment