October 14, 2016

APA ITU SABUN ALAMI / NATURAL SOAP?

Apa Itu Sabun Alami?
(Mengenal Lebih Dekat Dengan Natural Soap)

Natural Soap / Sabun Alami

Kita pasti sudah familiar dengan yang namanya sabun karena setiap hari kita mandi dan mencuci, bersih-bersih menggunakan sabun. Ketika saya sedang jalan dilorong rak-rak sabun di supermarket saya selalu tertarik dengan beraneka macam sabun yang dijual dengan packaging yang menarik apalagi jika disitu ditulis sabun herbal alami bisa memperindah kulit dan segudang kebaikan yang ditulis di kemasan sabun tersebut, tanpa pikir panjang pasti saya langsung tergoda membelinya, tapi… tunggu!!…itu dulu sewaktu saya belum tahu apa yang dimaksud sabun alami. :) 


Rak-rak penuh sabun menggoda bukan?

Sabun yang dijual disupermarket saya bilang sebagai commercial soap / sabun komersil / sabun pabrikan  yang diproduksi secara massal di pabrik, dan … bisa saya bilang it’s not the real soap bukan sabun yang sebenarnya. Lalu apa bedanya sabun alami dengan sabun pabrikan? Disini akan sedikit saya jelaskan bagaimana sabun alami dibuat.

Ada 3 cara membuat sabun, yaitu:
1.      Melt and Pour
Cara ini adalah cara paling mudah karena hanya melelehkan sabun yang sudah jadi lalu dituang di cetakan, tetapi sabun yang dihasilkan tidak bertahan lama alias cepat habis.

2.      Hot Process
Ini adalah cara panas, maksudnya adalah dengan mengaduk adonan sabun diatas api hingga tracing, setelah sabun dicetak dan mengeras bisa langsung dipakai tidak perlu curing karena Lye / NaOH / Soda api sudah menguap dan hilang ketika proses dimasak.

3.      Cold Process
Proses ini adalah proses dingin, maksudnya tidak dipanaskan diatas api, adonan sabun diaduk secara manual atau menggunakan hand blender sampai tracing lalu dituang ke cetakan didiamkan 24 jam supaya agak keras kemudian baru dipotong, dan setelah sabun dipotong lalu di tata di rak untuk curing yang  memerlukan waktu sekitar 3 – 4 minggu untuk menguapkan sisa Lye dan setelah waktu curing selesai sabun baru bisa dipakai. Proses ini memang terlihat lebih lama namun sabun yang dihasilkan akan mempunyai kualitas yang lebih bagus terlebih untuk kulit, dan cara ini adalah favorit saya untuk membuat sabun.


SABUN ALAMI / NATURAL SOAP

Sabun alami / natural soap berarti sabun yang dibuat dengan bahan-bahan alami, bagaimana sabun terbentuk? Jawabnya satu: Saponification, lalu apakah itu saponification? Dalam penjelasan singkat saponification adalah sebutan untuk reaksi kimia antara senyawa alkali (Lye/NaOH/Soda Api/KOH) dengan minyak / lemak sehingga membentuk garam yang disebut sabun, jadi sabun sebenarnya adalah garam hasil dari proses saponifikasi tersebut. Sabun yang terbentuk alami mengandung gliserin alami dan fatty acid yang baik untuk kulit. Pada sabun komersil, gliserin ini dipisahkan dengan cara yang rumit dan dijual terpisah sebagai keuntungan lebih untuk perusahaan lalu menambahkan bahan kimia sebagai gantinya.

Minyak/lemak + Lye  = Sabun + Gliserin

Manfaat gliserin adalah sebagai pelembab alami untuk kulit, jika menggunakan sabun alami secara rutin maka kulit kita akan lebih lembab dan cantik tanpa harus menggunakan body lotion yang juga banyak mengandung bahan kimia.

Senyawa alkali untuk membuat sabun padat (soap bar) adalah NaOH / Natrium Hydroxide / Natrium Hidroksida / Soda Api dan KOH ( Potassium Hydroxide ) untuk membuat sabun cair (Liquid Soap).

Minyak yang dipakai berasal dari minyak nabati, contoh: palm oil, olive oil, sunflower oil, coconut oil, castor oil, corn oil, grapeseed oil, dll, sedangkan lemak yang dipakai adalah berasal dari lemak hewan, contoh: Tallow (lemak sapi), Lard (lemak babi). Bagi saya soap maker, saya sangat menghindari pemakaian lemak hewan dalam soap making, sabun yang saya buat semuanya hanya menggunakan minyak nabati saja.

Masing-masing minyak dan lemak memiliki karakteristik sendiri jika dibuat sabun, contoh: palm oil/minyak sawit jika dibuat sabun akan menghasilkan busa yang banyak dan daya bersihnya tinggi namun bisa membuat kulit kering maka diperlukan jenis minyak yang lain sebagai penyeimbang misal olive oil/minyak zaitun yang dapat melembapkan kulit, jadi dalam soap making process digunakan percampuran beberapa jenis minyak bisa terdiri lebih dari 1 jenis minyak nabati untuk menghasilkan sabun yang berkualitas baik, selain itu pada natural soap making dapat diberi bahan tambahan atau disebut additive sehingga bisa memberi nilai plus pada sabun, contoh additive: spirulina powder, cinnamon powder, oat, cocoa powder, coffee powder, buah dll.

Untuk pewangi pada sabun yang benar-benar alami menggunakan Essential Oil / minyak atsiri, tetapi ada juga yang suka menggunakan Fragrance oil, untuk sabun I Love Natural saya hanya menggunakan pewangi dari Essential oil saja karena essential oil/minyak atsiri terbuat dari tumbuhan sehingga memiliki dampak positif pada kulit. Tidak seperti fragrance  yang dibuat dari bahan kimia yang bisa berdampak negative pada kulit karena saya sendiri alergi terhadap fragrance / pewangi –pewangi sintetis.

Fragrance oil / Parfum / Pewangi sintetis biasa digunakan dalam sabun komersil supaya lebih ekonomis / murah, ada juga soap maker sabun alami yang menggunakan fragrance atau mencampur antara fragrance dan minyak atsiri supaya lebih wangi dan menarik namun semua itu tergantung dari pembuatnya, bagi saya sebagai soap maker menggunakan fragrance dalam membuat sabun adalah BIG .. NO!! karena fragrance tidak ada nilai positif bagi kulit sama sekali bahkan bisa menimbulkan masalah kulit seperti alergi dan gatal-gatal.

Disinilah uniknya sabun alami / natural soap yang tidak bisa ditemui di sabun pabrikan. Sabun alami memiliki healing effect / efek menyembuhkan sedangkan sabun pabrikan tidak.

Jika disebut Natural Soap mengapa masih memakai Lye / NaOH / Soda Api yang terdengar itu bahan kimia? Lye / NaOH / Soda Api / KOH adalah satu-satunya bahan kimia yang dipakai untuk membuat sabun karena tanpa Lye = tidak ada sabun

No Lye = No Soap

Dalam soap making cold process Lye akan menguap dan hilang dengan sendirinya pada waktu curing yang memakan waktu sekitar 3-4 minggu, sehingga sabun yang dihasilkan adalah bebas lye / tidak lagi mengandung lye, sedangkan dalam soap making hot process, Lye akan hilang sewaktu proses pemasakan diatas api.

Demikian penjelasan singkat saya tentang Sabun Alami semoga bermanfaat.


Written & Posted by I Love Natural Soap



5 comments: