October 7, 2016

SEJARAH SABUN DUNIA

HISTORY OF SOAP

Tidak ada catatan pasti kapan sabun ditemukan tetapi bukti rekaman pertama dari pembuatan sabun tercatat sekitar 2800 SM di jaman babylon kuno. Orang babylon menemukan metode dasar pembuatan sabun (lemak direbus dengan abu dan air). Sabun digunakan terutama dalam industri tekstil.




The Ebers Papyrus (Mesir, 1550 SM) menggambarkan bagaimana minyak hewani dan nabati dicampur dengan garam alkali untuk menghasilkan zat yang disebut sabun, disebutkan pada waktu itu bahwa sabun digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit, dan untuk mencuci.

Diketahui orang Yunani kuno mencuci tanpa sabun. Mereka lebih suka  mencuci dengan air, blok tanah liat, batu apung, pasir dan abu dan kemudian melumuri diri dengan minyak. Pada abad kedua sesudah masehi, “Galen” seorang dokter Yunani yang terkenal, menganjurkan mencuci dengan sabun sebagai tindakan pencegahan penyakit kulit.

Diyakini bahwa bangsa Roma membersihkan tubuh mereka dengan menggosokkan zat abrasive ke atas kulit, seperti pasir atau batu apung. Tetapi pada akhirnya mereka menggunakan sabun, sabun menjadi populer di seluruh Kekaisaran Romawi. Ini terbukti dengan ditemukannya beberapa pabrik sabun pada reruntuhan Pompeii, salah satu kota yang hancur oleh letusan gunung berapi Gunung Vesuvius di 79 Masehi.
Jerman kuno dan Galia mencampur abu dengan lemak hewan untuk menghasilkan sabun, dan mereka menggunakannya pada rambut mereka.

Ahli kimia Arab adalah orang pertama yang membuat sabun dari bahan nabati, yaitu terbuat dari minyak nabati (seperti minyak zaitun), minyak aromatik (seperti minyak thyme) dan alkali/lye. Dari awal abad ke-7, sabun diproduksi di Nablus, Kufah dan Basra. Mereka membuat sabun wangi dan berwarna, beberapa sabun yang dibuat adalah sabuncair dan sabun padat. Mereka juga membuat sabun khusus untuk mencukur.

Pada 1200 Sesudah Masehi, Marseilles, Perancis dan Savona, Italia menjadi pusat pembuatan sabun. Pada abad ke-8, pembuatan sabun terkenal di Italia dan Spanyol di mana sabun dibuat dengan lemak kambing dan abu pohon Beech. Selama periode yang sama, Perancis mulai menggunakan minyak zaitun untuk menghasilkan sabun. Pada akhirnya, wewangian diperkenalkan dan sabun untuk mandi, mencukur, keramas dan laundry mulai dibuat.




Dari abad ke-16 sabun halus diproduksi di Eropa menggunakan minyak nabati (seperti minyak zaitun) sebagai lawan lemak hewan. Kedua jenis sabun ini masih banyak dibuat secara industry maupun skala rumahan.

Oleh karena pengetahuan yang lebih baik tentang budaya kebersihan dan kesadaran akan hubungan kebersihan dan kesehatan, maka industri manufaktur sabun muncul pada akhir abad delapan belas. Lompatan besar dalam pembuatan sabun komersial adalah dua orang penemu  berkebangsaan Perancis yaitu ahli kimia bernama Nicholas Leblanc dan Michael Chevreul sekitar pergantian abad ke-19. Pada 1791, Leblanc mematenkan metode pembuatan sodium carbonat atau soda abu. Pada 1811, Chevreul menemukan hubungan dan kimia sifat dari asam lemak / fatty acids, gliserin, dan lemak.

                             Michael Eugene Chevreul                            Nicholas Leblanc


Andrew Pears mulai memproduksi sabun transparan berkualitas tinggi pada tahun 1789 di London. William Gossage memproduksi sabun dengan harga rendah namun berkualitas baik dari tahun 1850-an. Robert Spear Hudson mulai memproduksi bubuk sabun pada tahun 1837.


                                   Andrew Pears                                          William Gossage




Perkembangan deterjen sintetis di Jerman pada tahun 1916 membuat terobosan lain dalam pembuatan sabun kimia. Disamping itu pusat pembuatan sabun terkenal adalah di wilayah Castille Spanyol, yang dikenal sebagai  pembuat sabun minyak zaitun pertama dengan kualitas bar sabun keras dan putih. Castille sabun masih dikenal saat ini seperti sabun dibuat dengan semua, atau sebagian besar semua, minyak zaitun.


Sabun komersial, seperti yang kita kenal sekarang, muncul selama Perang Dunia I. Setelah Perang Besar dan sampai tahun 1930-an, metode yang disebut “batch kettle boiling”  digunakan untuk produksi sabun. Tak lama kemudian, melalui proses yang berkesinambungan pembuatan sabun dengan waktu yang singkat mulai diperkenalkan dan diolah oleh Procter & Gamble, proses ini digunakan oleh banyak perusahaan sabun besar.


Dari Berbagai Sumber

Posted by I Love Natural

5 comments:

  1. sejarahnya lengkap banget kak makasih yah

    EMI

    ReplyDelete
  2. Diketahui orang Yunani kuno mencuci tanpa sabun. Mereka lebih suka mencuci dengan air, blok tanah liat, batu apung, pasir dan abu dan kemudian melumuri diri dengan minyak. Pada abad kedua sesudah masehi, “Galen” seorang dokter Yunani yang terkenal, menganjurkan mencuci dengan sabun sebagai tindakan pencegahan penyakit kulit.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete